Categories
News

Mengenal Sejarah Universitas Tertua di Inggris Oxford

Universitas Tertua di Inggris – Inggris telah menjadi salah satu pemain penting dalam perekonomian global, sehingga menyebabkan industri-industri dan sistem pemerintahan di Inggris meningkat dan membuatnya menjadi rujukan bagi berbagai perubahan sistem di dunia.

Sebelum itu, Inggris sendiri dalam sejarahnya merupakan salah satu negara tertua yang pernah ada di belahan benua Eropa. Imperium Inggris bahkan diklaim menjadi salah satu monarki tertua yang pernah ada di dunia.

Baca Juga: Inspirasi Desain Interior Rumah

Sistem monarki Inggris ini bahkan pernah menjadi bagian dari sistem kolonial yang sempat melakukan ekspansi di beberapa belahan dunia pada awal abad 19 hingga akhir abad ke 20. jika anda di Indonesia mengenal VOC yang didirikan oleh Belanda.

Sistem Birokrasi Tertua di Inggris

Maka kerajaan Inggris raya mendirikan EIC atau yang biasa disebut East Indisch Company, atau disebut secara sederhana perusahaan dagang Inggris yang berpusat di India, salah satu koloni Inggris tertua di wilayah Asia Selatan.

Karena saking tuanya imperium Inggris yang berbentuk kerajaan mornaki ini, maka sistem birokrasi yang dibentuk inggris juga menjadi bagian dari sistem birokrasi tertua yang pernah lahir di eropa barat.

Misalnya di Inggris menjadi bagian dari sistem agama bernama Kristen Anglikan dan Kristen Protestan. Dimana dalam sejarahnya sendiri, raja Inggris berusaha merevisi hukum pernikahan yang berbeda dengan ajaran Kristen pada umumnya. Sehingga Inggris memutuskan untuk mendirikan ajaran Kristen tersendiri yang biasa disebut dengan Kristen Protestan.

Selain membentuk sistem agama yang berbeda dengan agama asal, Inggris juga mempunyai sistem parlemen tertua dimana sistem parlemen inggris ini banyak diadopsi oleh negara negara yang terbentuk paska perang dunia pertama dan paska perang dunia kedua.

Mengenal Sejarah Universitas Tertua di Inggris Oxford

Selain itu, negara ini juga mempunyai universitas tertua di Inggris yang masuk ke dalam sepuluh universitas tertua di dunia. Universitas tertua di Inggris adalah universitas Oxford.

Universitas tertua di Inggris ini diklaim dimulai pelajarannya pada tahun 1096 dan kemudian semakin berkembang saat adanya kebijakan Pangeran Henry II untuk memfokuskan pendidikan rakyat Inggris di Universitas Oxford dan melarang pelajar inggris pergi ke universitas paris di Perancis.

Universitas tertua di inggris ini sangat terkenal di Indonesia, selain oxford menjadi bagian dari universitas tertua di dunia yang masuk ke dalam sepuluh universitas tertua di dunia.

Salah satu public figure di Indonesia yang cukup terkenal yaitu Maudy Ayunda juga pernah bersekolah di Oxford yang menjadi universitas tertua di Inggris raya ini. Masa masa perkuliahan Maudy Ayunda di Universitas Oxford Inggris ini banyak diabadikan dalam instagram dan akun youtubenya sehingga banyak diakses dan dilihat masyarakat Indonesia.

Oxford juga dikenal sebagai universitas tertua di Inggris karena salah satu kamus terkenalnya yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris aksesen british yaitu kamus oxford dictionary yang sering dijadikan buku pegangan untuk mereka yang akan belajar IELTS gaya Inggris.

Walaupun begitu, oxford yang menduduki peringkat sebagai universitas tertua di Inggris dan menjadi bagian dari imperium Inggris yang juga sama sama tua, ternyata bukan menjadi universitas tertua di dunia.

Karena menurut sejarah Universitas tertua di dunia justru didirikan di benua yang kita tidak pernah perkirakan, yaitu di benua Afrika tepatnya di negara bernama Maroko. Di Maroko inilah berdiri universitas tertua di dunia yang jauh lebih tua ketimbang universitas oxford Inggris bernama Universitas Al Karaoine

Universitas Al Karaoine ini didirikan pada tahun 859. Universitas ini baru berkembang pesat saat di tahun 1957 menjadi pusat unggulan ilmu alam dan matematika di negara Maroko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *