Categories
News

Letak Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Bengkaknya

Belakangan ini kerap ditemukan kasus mengenai pembengkakan kelenjar getah bening, karena cerita demi cerita pengidap menjadi banyak orang lain menjadi khawatir apabila merasakan sakit di beberapa bagian tubuh tanpa sebab yang jelas.

Dengan alasan tersebut beberapa dari kita penasaran di manakah letak kelenjar getah bening? Apakah benar sakit atau bengkak yang saya rasakah adalah kelenjar getah bening? Ayo kita bahas.

Apakah Kelenjar Getah Bening Itu?

Sebelumnya apakah Anda sudah tahu letak kelenjar getah bening? Ya perlu Anda ketahui bahwa kelenjar getah bening adalah komponen kekebalan tubuh yang terdapat pada bagian dari sistem limfatik.

Sistem limfatik sendiri adalah suatu sistem sirkulasi yang mengalirkan limfa di dalam tubuh manusia.

Sirkulasi dalam sistem limfatik yang dimaksud adalah proses pengembalian cairan dan protein dari jaringan ke perputaran darah, mengangkut limfosit, membawa lemak emulsi dari usus, menyaring serta menghancurkan mikroorganisme, atau dapat dimaknai juga sebagai berikut:

Sistem limfatik adalah sistem yang terdiri dari kelenjar yang menyebar ke seluruh tubuh manusia.

Kelenjar tersebut membawa getah bening atau cairan jaringan di sekitar sel yang berisi limfosit, cairan dari usus, dan sel darah merah untuk kembali ke dalam sirkulasi lain melalui pembuluh darah.

Pada proses itu, getah bening mengandung zat asing dan antigen, oleh karena terkadang dalam antigen tersebut terdapat mikroba atau zat asing yang tersaring, maka kelenjar getah bening akan membengkak sebagai tanda telah merespon dan menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh.

Di dalam tubuh kita terdapat sekitar 600 kelenjar getah bening. Letak kelenjar getah bening tersebut terdapat di seluruh tubuh.

Namun, hanya di daerah submandibular atau rahang bawah, ketiak, dan paha saja yang dapat diraba dalam kondisi sehat. Dari jumlah yang banyak itu, ada beberapa kelompok kelenjar getah bening di antaranya kelenjar geah bening kecil dan kelenjar getah bening besar.

Lalu, Dimanakah Letak Kelenjar Getah Bening?

Perlu Anda ketahui, bahwa kelenjar getah bening kecil berbentuk seperti kacang dan berupa modul jaringan lunak. Letak kelenjar getah bening kelompok ini yang kerap bengkak yaitu pada leher hingga telinga, pada dagu, di ketiak, dan di lipat paha atau selangkangan.

Sementara letak kelenjar getah bening bisa kelompok besar yang kerap bengkak adalah yang terletak pada bagian perut hingga dada dan untuk bagian ini kelenjar getah bening yang membengkak bahkan gejalanya dapat terlihat pada alat X-ray atau pun CT scan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *