Categories
News

Apakah Penyebab Kelenjar Getah Bening Membengkak?

Setelah memahami letak kelenjar getah bening, lalu muncul pertanyaan berikutnya. Apakah yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak sebagai respon mempertahankan kekebalan tubuh dari antigen?

Dan perlu Anda ketahui bahwa beberapa mekanisme yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak.

Apakah Anda ingin tahu di mana saja letak kelenjar getah bening serta apa penyebab bengkaknya? Dapatkan informasinya di web kami sekarang juga.

  1. Karena Infeksi atau limfadenitas

Hal ini terjadi karena meningkatnya jumlah sel darah putih yang berkembang untuk merespon rangsangan antigen. Misalnya pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak di ketiak.

Namun, beberapa infeksi mononucleous, HIV, dan infeksi parasit dapat menyebabkan pembengkakan di ketiak saja melainkan pada kelenjar getah bening di seluruh tubuh.

  1. Karena Virus

Virus adalah antigen yang paling banyak direspon oleh tubuh dan virus menyebabkan banyak penyakit, mulai dari pilek hingga penyakit mematikan seperti HIV. Kelenjar getah bening juga dimungkinkan membengkak karena adanya virus tertentu.

  1. Karena Peradangan

Beerapa penyakit seperti lupus atau rheumatoid arthritis adalah penyebab pembengkakan pada kelenjar getah bening umum. Hal tersebut karena infiltrasi dengan sel-sel inflimasi selama infeksi atau peradangan di daerah kelenjar getah bening.

  1. Karena Kanker

Ini adalah kemungkinan yang paling ditakuti oleh banyak orang, karena pembengkakan dapat terjadi karena infiltrasi yang terjadi dengan sel-sel metastasis yang dibawa ke nodus oleh getah bening yang mengalir dari area tertentu kanker.

Dalam kasus khusus, kanker payudara menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak di ketiak. Hal ini juga memungkinkan berubah menjadi tumar bisa masuk ke jaringan kulit.

Pada kasus kanker yang lain, yaitu kanker darah, pembengkakan terjadi karena adanya multiplikasi limfosit yang tidak dapat dikontrol.

Walaupun beberapa kasus dengan indikasi penyakit serupa terjadi pada tempat yang sama, namun gejala kesalahan pada kelenjar getah bening tetap tergantung penyebabnya.

Misalnya kasus pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak di bawah rahang adalah karena infeksi saluran pernapasan atas yang ditandai dengan hidung berair, sakit tenggorokan, merasakan nyeri di sekitar telinga, dan demam.

Hubungan yang tidak dapat dipahami secara langsung juga dapat terjadi. Misalnya terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar jantung akibat adanya infeksi kulit yang biasanya ditandai kemerahan dan terdapat goresan pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *