Daftar Sekarang! Untuk ikut Training dan Permintaan Sertifikasi.

Apa Itu ISO 45001

ISO 45001

Latar Belakang
Apa Itu ISO 45001 – Organisasi bertanggung jawab untuk meminimalkan risiko bahaya kepada orang yang mungkin terkena dampak dari kegiatan mereka ( misalnya para pekerja, manajer, kontraktor, atau pengunjung ), dan terutama jika mereka terlibat dengan organisasi untuk melakukan kegiatan tersebut sebagai bagian dari “pekerjaan” harian mereka.

Menurut perkiraan oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), ada 2,34 juta kematian pada tahun 2013 akibat dari aktivitas kerja. Sebagian besar (2 juta) berhubungan dengan masalah kesehatan. Institut Keselamatan dan Kesehatan (IOSH) memperkirakan ada 660.000 kematian per tahun akibat kanker yang timbul dari aktivitas kerja.

ISO sedang mengembangkan system manajemen ISO 45001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja (OHSAS). Standar ini  memungkinkan organisasi untuk mengelola risiko OH&S dan meningkatkan kinerja OH&S mereka. Penerapan sistem manajemen OH&S akan menjadi keputusan yang strategis bagi suatu organisasi yang dapat digunakan untuk mendukung inisiatif keberlanjutan, memastikan orang bekerja lebih aman dan sehat dan meningkatkan profitabilitas pada saat yang sama.

CATATAN : Istilah keselamatan dan kesehatan kerja (“OSH”) terkadang sering digunakan kesehatan dan keselamatan kerja ( “OHSAS” ).

Kegiatan organisasi dapat menimbulkan risiko cedera atau gangguan kesehatan, dan dapat mengakibatkan gangguan serius bagi kesehatan, atau bahkan kematian. Oleh karena itu penting bagi organisasi untuk menghilangkan atau meminimalkan resiko OH&S dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Sistem manajemen OH&S dapat menerjemahkan mencegah insiden menjadi satu set sistematis dan berkelanjutan dari proses ( didukung oleh penggunaan metode yang tepat dan alat-alat ) dan dapat memperkuat komitmen organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya.

Hal ini logis bahwa mereka yang bekerja paling dekat dengan resiko OH&S akan memiliki pengetahuan tentang hal itu. Dengan demikian, partisipasi pekerja dalam pembentukan, pelaksanaan dan pemeliharaan sistem manajemen OH&S dapat memainkan peran penting dalam memastikan bahwa risiko dikelola secara efektif. ISO 45001 menekankan perlunya partisipasi pekerja dalam fungsi sistem pengelolaan pemerintah OH&S, serta mengharuskan organisasi memastikan bahwa pekerja kompeten untuk melakukan tugas-tugas mereka ditugaskan aman.

ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja ( OH&S ) sistem manajemen, dengan panduan untuk penggunaannya, untuk memungkinkan suatu organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya OH&S kinerja dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan.

ISO 45001 ini dimaksudkan untuk dapat diterapkan untuk setiap organisasi terlepas dari ukuran, jenis dan sifat. Semua persyaratan dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi sendiri.

ISO 45001 memungkinkan suatu organisasi, melalui sistem manajemen OH&S -nya, untuk mengintegrasikan aspek-aspek lain dari kesehatan dan keselamatan, seperti pekerja kesehatan / kesejahteraan; Namun, perlu dicatat bahwa suatu organisasi dapat diminta oleh persyaratan hukum yang berlaku untuk juga mengatasi masalah tersebut.

Apa yang tidak ada dalam ISO 45001 ?

ISO 45001 tidak menyatakan kriteria khusus untuk OH&S kinerja, juga bukan preskriptif tentang desain sistem manajemen OH&S. OH&S sistem manajemen organisasi harus spesifik untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan ; akibatnya usaha kecil dengan risiko rendah hanya mungkin perlu untuk menerapkan sistem yang relatif sederhana, sedangkan organisasi besar dengan tingkat tinggi risiko mungkin perlu sesuatu yang jauh lebih canggih. Setiap jenis sistem mungkin mampu menjadi sesuai dengan persyaratan standar, asalkan dapat terbukti sesuai dengan organisasi dan efektif.

ISO 45001 tidak secara khusus menangani masalah-masalah seperti keamanan produk, kerusakan properti atau dampak ronmental environmental, dan organisasi tidak diperlukan untuk memperhitungkan masalah ini kecuali mereka menghadirkan risiko bagi pekerja.

ISO 45001 tidak dimaksudkan untuk menjadi dokumen yang mengikat secara hukum, hal itu adalah alat manajemen untuk digunakan sukarela oleh organisasi dari UKM ke atas yang bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko bahaya.

CATATAN : Ada sejumlah konvensi ILO dan standar ( ILS ) mengenai OH&S yang telah diadopsi oleh negara-negara di seluruh dunia, untuk berbagai derajat. ISO 45001 secara luas sejalan dengan ketentuan ILS.

Keuntungan ISO 45001 ?
  • Sebuah OHSAS sistem manajemen ISO 45001 berdasarkan akan memungkinkan organisasi untuk meningkatkan nya OHSAS kinerja dengan cara
  • Mengembangkan dan menerapkan kebijakan OHSAS dan tujuan OHSAS
  • Membangun proses yang sistematis yang menganggap ‘konteks’ dan yang memperhitungkan risiko dan peluang, serta persyaratan hukum dan lainnya
  • Menentukan bahaya dan risiko OHSAS berhubungan dengan kegiatannya, berusaha untuk melenyapkan nate mereka, atau menempatkan di kontrol untuk meminimalkan efek potensial mereka
  • Membangun pengendalian operasional untuk mengelola nya OHSAS risiko dan persyaratan hukum dan lainnya meningkatkan kesadaran nya risiko OHSAS
  • Mengevaluasi nya OHSAS kinerja dan berusaha untuk memperbaikinya, melalui mengambil tindakan yang tepat pekerja memastikan mengambil peran aktif dalam hal OHSAS
  • Dalam kombinasi langkah-langkah ini akan memastikan bahwa reputasi organisasi sebagai tempat yang aman untuk bekerja akan dipromosikan, dan dapat memiliki manfaat yang lebih langsung, seperti
  • Meningkatkan kemampuannya untuk menanggapi isu-isu kepatuhan terhadap peraturan
  • Mengurangi biaya keseluruhan insiden
  • Mengurangi downtime dan biaya gangguan operasi
  • Mengurangi biaya premi asuransi
  • Mengurangi absensi dan tingkat pergantian karyawan
  • Pengakuan karena telah mencapai patokan internasional ( yang pada gilirannya mempengaruhi pelanggan yang peduli tentang tanggung jawab sosial mereka ).
Siapa Pengguna yang dimaksudkan dalam standard ini ?
Jawaban yang sederhana adalah semua organisasi.
Seharusnya tidak masalah jika organisasi Anda adalah bisnis mikro, atau konglomerat global jika itu adalah sebuah organisasi non -profit, amal, lembaga akademis, atau departemen pemerintah. Selama organisasi Anda memiliki orang yang bekerja atas namanya, atau yang mungkin terkena dampak kegiatan, kemudian menggunakan pendekatan sistematis untuk mengelola kesehatan dan keselamatan akan membawa manfaat untuk itu. Standar dapat digunakan oleh operasi berisiko rendah kecil sama serta dengan risiko tinggi dan organisasi yang kompleks yang besar. Sementara standar mengharuskan OH&S risiko ditangani dan dikendalikan, juga membutuhkan pendekatan berbasis risiko untuk sistem manajemen OH&S itu sendiri, untuk memastikan ) bahwa itu adalah efektif dan b ) ditingkatkan untuk memenuhi suatu organisasi yang selalu berubah ” konteks “. Pendekatan berbasis risiko ini konsisten dengan cara organisasi mengelola mereka yang lain ” bisnis ” risiko dan karenanya mendorong integrasi persyaratan standar ini ke dalam proses manajemen organisasi secara keseluruhan.
Bagaimana ISO 45001 berhubungan dengan standard lain ?
ISO 45001 mengikuti pendekatan struktur tingkat tinggi yang diterapkan dengan standar sistem manajemen ISO lainnya, seperti ISO 9001 ( kualitas ) dan ISO 14001 ( lingkungan ). Dalam mengembangkan standar, pertimbangan telah diberikan kepada isi dari standar internasional lainnya ( seperti OHSAS 18001 atau ” Pedoman ILO -OSH ” Organisasi ini International Labour ) dan standar nasional, serta dengan standar International Labour ILO dan konvensi ( ILSs ).

Mereka mengadopsi standar, setelah telah diterbitkan, harus menemukan persyaratan yang konsisten dengan standar lainnya. Hal ini akan memungkinkan untuk migrasi relatif mudah dari menggunakan yang sudah ada standar OH&S sistem manajemen untuk menggunakan ISO 45001, dan juga akan memungkinkan untuk penyelarasan dan integrasi dengan persyaratan standar sistem manajemen ISO lain ke dalam proses manajemen organisasi mereka secara keseluruhan.

INFORMATION & REGISTRATION
Jasa Sertifikasi ISO
E-mail: info@jasasertifikasiiso.net
Hotline: 0819.0896.7645

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *